Sunday, November 22, 2015

Review: Mushroom Soup paling enak di Jakarta


Wooohhh long time no see my blog zzzzz

   So sorry, I miss you, I miss writing. How are you readers? Hope you always super happy and healthy. Jakarta lagi mulai memasuki musim hujan. Dingin. Sejuk. Hawa-hawanya jadi sendu sepoi-sepoi. Bawaannya pingin selimutan sepanjang hari. Rasanya malas betul mau beraktivitas. Dan…lebih sering kelaparan #eh. Disaat-saat seperti ini, saya jadi suka ngidam makanan panas dan berkuah. Yang terpikir siang tadi adalah: Mushroom Soup! Pasangan paling pas buat si mushroom ini, dan kemungkinan ada di menu tempat makan adalah sesama Italian Food; Pastaaa. Saya sebenarnya creamy-cheese-mushroom-pasta lovers. Pasta panas (saya pilih spaghetti atau penne) yang gurih dengan saus keju kental ditambah potongan jamur. Hmmm…It is always my all time favourite choice. Tapi…karena mushroom soup nya sudah gurih, jadi saya butuh yang pedas. Pasta Aglio Olio jawabannya. Kalo yang ini saya coret pilihan penne, karena yang paling mantap ya spaghetty atau angel hair pasta (semakin kecil-kecil dan tipis mie pasta-nya makin enak). Apalagi ditambah cacahan cabe ceplus a.k.a rawit merah dan oranye dengan taburan garlic dan sedikit sensasi minyak di akhir rasa, bikin mie instan jadi terlupakan haha. Kalau sudah kaya rasa begini, minumnya harus yang netral biar tidak tabrakan, pilihan saya: Teh Tawar Hangat. Perfect!


   Honestly selama di Jakarta, saya pernah masak pasta sekali, yang spaghetti creamy cheese mushroom. Dan seperti yang saya sebutkan diatas, karena saya sering banget kelaparan di musim hujan #halah, maka kami (saya dan suami) memutuskan untuk makan diluar. Dan pencarian mushroom soup pun dimulai. Berikut ada 2 tempat makan yang saya rekomendasikan buat pecinta mushroom soup dan pasta Aglio Olio. Oiya, saya doyan Zuppa Soup juga. Itu yang pertama kali saya cari tiap kondangan di nikahan hehe. Sayangnya saya belum menemukan yang enak di Jakarta.

#1 Collete&Lola. Lokasi di Grand Indonesia lantai 4. Samping Air Mancur menari

   Ini adalah cabang Collete&Lola (CL) kedua setelah di daerah Senopati. Dan saya super happy karena tidak perlu bermacet-macet ria dan dekat dari rumah. Uhuiyyy. Selain Cakes dan Dessert enak, saya baru tahu kalo CL juga menyediakan Main Course lengkap dengan minumannya. Setelah sebelumnya saya mampir untuk beli kue tart untuk ultah tante kesayangan, kunjungan berikutnya saya sempatkan mencicipi hidangan dine-in di restoran.



   Seperti yang saya bilang, mushroom soup di CL adalah yang paling enak yang pernah saya cicipi selama di Jakarta. Soupnya kental, warnanya gelap kehitaman dan di lidah saya masih bisa merasakan serpihan jamur yang diblender kasar. Selain itu juga ditambahkan garlic bread dipotong dadu dan saus putih gurih yang tidak tertebak terbuat dari apa haha. Ada tambahan daun hijau juga sebagai garnish. Super delicious. Soupnya disajikan didalam cangkir sedang yang berkuping 1 bukan di mangkuk soup. Nilainya 100 dari 100. Baik dari segi rasa dan penyajiannya.




   Pasangan yang tepat buat mushroom soup CL adalah spaghetty seafood yang ada ceplokan telur diatasnya. Enaaak. Mie spaghetti nya tidak terlalu tebal dan kenyal. Udang, Cumi, dan ikannya fresh. Dan yang terpenting; sausnya sempurna. Buat yang sedang hamil atau yang tidak begitu doyan susu dan produk turunannya seperti keju, just skip this menu. Karena telurnya ¾ matang dan tidak digoreng kering. Dan sausnya gurih sedap. Kalau kebanyakan bisa eneg buat sebagian orang. Tapi buat saya tidak masalah. I just love it.



#2 Happy Day seberang Kantor Cabang BRI Veteran. Sederetan Stasiun Kereta Juanda.

   Nah, kalau yang ini alternatif kedua dikala ngidam mushroom soup. Namun jadi pilihan utama ketika tanggal tua. Harganya terjangkau banget, 18 ribu rupiah! Rasanya enak, soupnya bukan instant soup yang bisa kita beli di supermarket. Teksturnya lembut tapi masih terasa gurih jamurnya. Warnanya lebih terang dari yang di CL, mungkin jamurnya tidak sebanyak berlimpah disana. No garlic bread. But again, dengan harga separuh kurang dari CL, ini sudah sangat worth it. Nilai 85 dari 100. Tetap recommended.


foto ketika kedatangan kedua saya

   Pasangan yang saya pilih adalah Pasta Aglio Olio. Porsinya pas. Mie nya kecil tipis dengan sedikit minyak, gurih garlic, dan warna warni potongan rawit ditambah jamur berdaging tebal yang dipotong besar serta homemade sausage makin menambah kaya rasa. Panas, gurih, dan pedas adalah perpaduan sempurna menyambut dinginnya hujan. Harga pasta ini 31 ribu rupiah. Dan karena saya punya member Imperial card maka didiskon 30% untuk all pasta (sekitar 9 ribuan) dan yaaa worth it parahhh.





So, happy rainy day

3 comments: