Thursday, December 17, 2015

Review: Bulan Terbelah di Langit Amerika



        Sebagai penggemar film 99 Cahaya di langit Eropa, film Bulan Terbelah Di Langit Amerika (BTLA) memang sudah lama saya nantikan. Selain terpesona dengan cerita dan pemain filmnya, saya juga menantikan pemandangan indah Eropa dan Amerika sepanjang film. Alhamdulillah, saya dapat kesempatan untuk hadir di acara premier film BTLA bersama teman-teman dari Indonesian Hijab Blogger di Studio Epicentrum XXI Jakarta, Selasa 15 Desember 2015 lalu. 


            Film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Hanum Salsabilla Rais ini mengusung tagline berupa pertanyaan yang sangat menggelitik “Apakah Dunia Lebih Baik Tanpa Islam? Bukan topik biasa pastinya. Bahkan diawal melihat trailer film dan poster saya sudah terbayang betapa “berat” konten cerita yang disajikan. Apalagi menyangkut isu yang sensitif ; Agama.




            Pemikiran saya berubah total saat film dimulai. Film yang menceritakan perjalanan petualangan Hanum (diperankan oleh Acha Septiasa) dan Rangga (Abimana) di City that never sleeps alias New York City. Rangga dengan kesibukannya mengejar wawancara dengan miliarder kaya raya dan paling berpengaruh, Phillipus Brown, dan Hanum yang bertugas menulis artikel tentang 11/9 tragedi pengeboman WTC, membawa mereka bersinggungan dengan orang-orang yang memiliki peran penting dan saling terkait. Hanum yang bertemu dengan Azima Hussein (Rianty Cartwright) yang berganti nama menjadi Julia Collin dan putrinya yang bernama Sarah. Keluarga kecil ini adalah salah satu keluarga korban tragedy WTC yakni Ibrahim Hussein yang sayangnya dituduh sebagai tersangka pengeboman WTC. Rangga disisi lain bersinggungan dengan miliarder Phillipus Brown yang menjadi kunci sekaligus benang merah di film ini.


            Selain cerita tentang kedua tokoh utama, bermunculan pula letupan-letupan konflik disekitar mereka. Pelajaran berharga tentang komitmen, kewajiban suami dan istri, Islam sebagai Rahmatan lil Alamin, dan betapa asumsi dan prasangka bisa berdampak sangat dahsyat jika dibarengi dengan emosi dan tanpa konfirmasi.

Hanum-Rangga (sumber: google)

            Kekuatan film ini menurut saya ada pada alur dan konten cerit serta pemilihan pemain yang tepat. Acha Septiasa yang sukses memerankan istri yang cerdas dan dinamis, serta Abimana sebagai sosok suami yang sabar dan mengimbangi, mereka berdua sangat alami disandingkan sebagai suami istri walaupun (dan salutnya) dengan minimnya adegan bermesraan tetapi chemistry mereka saat bergandengan tangan saja sudah bikin saya merasa “hangat” dihati uhuiyy. Pemeran Stefan (Nino Fernandez) dengan kegantengan yang berbanding terbalik dengan kekonyolannya dan Jasmine (Hannah Al-Rasyid) malah justru berhasil membuat saya meneteskan air mata (dan langsung ngefans sama Hannah hehe). 

Jasmine (sumber: google)


       Hal yang tidak kalah menarik adalah wardrobe atau kostum pemain. Saya langsung terkesima dengan long coat, jaket kulit, turtle neck sweater, dan sepatu boots kece berpadu dengan jilbab simpel yang seliweran sepanjang adegan film. Dengan cuaca Jakarta yang lagi dingin-dinginnya selama musim penghujan membuat saya pingin berteriak kegirangan “I want it all!!!”

Azima on Long Coat (sumber: google)

Hanum on Black Suit (sumber: google)

sumber : google

        Film keluaran Maxima Production dengan sutradara Rizal Mantovani ini akan diputar serentak pada tanggal 17 Desember 2015 .So, I should telling you this: Buruuann tonton bersama keluarga, sahabat, suami, istri dan bersiaplah pulang dengan membawa pemikiran baru dan inspirasi untuk hidup yang lebih baik lagi


Sutradara Rizal Mantovani, Hanum dan Rangga, serta para pemain



Bersama teman-teman Indonesian Hijab Blogger dan Dewi Sandra

10 comments:

  1. Tia aku belum kirim foto fotonya hehehe mau disusulin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauuu banget mb witha ♥♥♥ japri di wa ya mb asiik

      Delete
  2. Aku belum review cendili ya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Review-mu kece niaa, berasa baca novelnya ♥

      Delete
  3. Mba Tia, nggak sempat menyapa ih kemaren :(
    Lamo tak jumpo, sabtu besok kita berjumpa di Me Time kan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggiii iyaaa asik2 insya Allah jumpa sabtu yakkk #jgn lupa foto2 ramean

      Delete
  4. Wah Mba Tia sampai detail merhatiin wardrobe pemainnya :) observasi yang bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Hana haha abisnya keren2 smua wardrobe pemain hijabers di film ♥ lumayan buat referensi

      Delete
  5. aih2,, pengen ikutaaann tapi nggak bisaaa...

    pengen nontoon pulaaa,, hiks

    ReplyDelete