Sunday, March 29, 2015

The Urban Mama Event "Healthy Skin, Happier Mama"

        Another busy saturday. Setiap weekend selalu saya niatkan untuk "me time" diluar rumah. Entah pengajian, janjian sama teman, ikut event, hunting kuliner, atau sekedar jalan-jalan sama suami. Pokoknya g boleh jadi sayur (baca: tidak melakukan apa-apa) dirumah hehe. Bukan apa-apa, saya cuma merasa tidak punya kehidupan selain dikantor, dan itu tidak sehat. Saya g mau cuma punya inner circle lingkungan pertemanan yang itu itu aja. Taunya cuma teman 1 kantor. G berkembang jadinya. Sedih banget pengajian bulan ini g bisa datang karena ada pendidikan dikantor 2 minggu berturut-turut di hari sabtu. Oh berasa kering banget mental spiritual diri ini haha lebay tapi beneran. Sedih banget.


        Sabtu ini karena suami di Jogja, saya harus punya kesibukan biar g bengong dirumah. Alhamdulillah i know this interesting event by The Urban Mama. Pas baca ada YOGA nya langsung buru-buru daftar dan transfer sebelum pulang kantor jumat malem. Sejak bekerja, saya sama sekali tidak pernah olahraga. Alasan klasik: males, capek pulang kantor, dan sibuk nih *toyorrr* Saat Jakarta lagi demam lari, saya sama sekali g tertarik, karena lari itu capek, ngos2an, bikin jantung deg2an, perut sakit, dan keringetan. Saya cuma suka olahraga yang santai dan g capek: berenang, yoga, dan jalan santai di mall. Nah yang terakhir ini yang paling sering saya lakukan :))

        Sabtu pagi langsung semangat cuz ke conclave. Berbekal gps di hp yang suaranya disetel kenceng banget, berangkatlah saya. Jalan menuju tempat acara macet banget karena jalanan pada diperbaiki. Gak sia-sia saya berangkat pagi, jadi bisa sampai tempat acara 15menit sebelum jadwal mulai. Sebenernya alesan utamanya si biar gampang parkirnya, karena drama cari parkir itu sungguh membuat badmood.

        Sampai di tempat acara masi sepiii but its okey, saya ngeteh manis dulu gegara perut keroncongan khilaf belom sarapan. Yang menyenangkan dari join event adalah, selain materinya memang saya tertarik, juga banyak teman baru. Hari ini aja saya kenalan sama mbak kori, mbak karisma, trus g berapa lama kemudian muncul mb nuke dan mb yeye *asiiik*, dan terakhir saya ketemu sama kakak kelas jaman SMA di Surabaya, teman ekskul karate, yang sekarang udah jadi mamah muda anak 2 yang cantiiiik banget, mb indah. Tuh kan menyambung silaturahmi itu nyenengin sist.


        Too bad, acaranya molor kayak karet kendor. Untungnya dapet snack chicken kariage sama pisang goreng manis yang bikin hati hangat. Sambil mingle sama temen2, crita2, baru deh acaranya mulai. Too bad jilid 2, karena full pake GPS batre hp jadi low dan mati total huhuhu jadi g bisa foto2. Untung mb nuke bawa charger jadi selama acara hp di charge dengan harapan bisa foto2 setelahnya.

        Sesi pertama dibuka sama mb Ninit Yunita (Aditya Mulya's wife), penulis buku kece, sekaligus pelari, sekaligus founder dari The Urban Mama. Lalu perwakilan dari Bio Oil. Speaker pertama adalah dr.Vania Satriadi, dokter cantik yang lagi ambil spesialis bedah kosmetik dan estetika di UI, mamah muda anak 2 juga, keren lah pokoknya. Sesi ini banyak ngebahas tentang kulit dan seputar perawatannya. Sesi kedua dari manager product nya Bio-oil, penjelasan produk. Sesi terakir ini yang paling saya tungggu-tunggu. Yogaaa. Kali ini instrukturnya namanya mbak Tia pratignyo. Saya g nyangka banget lhooo wanita mungil yang duduk depan saya itu instrukturnya. A.w.e.s.o.m.e. Apalagi pas tau dia udah punya anak 1 tapi badannya masi kece gitu. Langsung semangat yoga nya.

        Tia menjelaskan sesinya dengan sangat menyenangkan. Saya aja bisa fokus banget dan g bosen2nya dengerin tiap speech-nya. Beberapa hal yang saya bisa sharing tentang prenatal yoga:
1. Pertama, tujuan prenatal yoga selain untuk menyeimbangkan mind, body, and soul, juga memudahkan persalinan sehingga tiap bunda bisa menikmati pengalaman melahirkan secara menyenangkan. Bahkan beberapa bunda bisa sangat beruntung sampai bisa mengalami orgasme saat persalinan. What?? Really?? Mauuu (lohlohloh)
2. Inti dari prenatal yoga ada 3: breathing (mengatur pernapasan), movement (bergerak aktif), dan relaxation (relaksasi)
3. Breathing (pernapasan) sendiri terbagi 5 jenis:
a. nafas alami : pernafasan normal sehari-hari
b. nafas perut :dalam yoga disarankan selalu menggunakan pernapasan perut
c. nafas ombak : pada saat menghembuskan nafas sambil bersuara seperti hembusan ombak (shyuuuuu *sambil bibir sedikit maju*)
d. nafas lega : menghembuskan nafas sambil bersuara lega (haaaah *suara habis jalan kaki seharian lalu lepas high heels*) haha perumpamaan saya aneh g si? smoga yang baca paham ;p
e. nah yang 1 lagi ini sumprit saya lupa. nanti deh kalo inget ditulis *nyengirr*

        Selain itu buat para bumil diluar sana, selalu ingat bagaimanapun aktifitas anda, lakukanlah dengan kedua kaki secara bersamaan. Mulai dari posisi tidur lalu bangun, jangan langsung main bangun aja, kasiannn perutnyaaa. Ingat, dari posisi tidur terlentang hadap samping kanan/kiri dulu, lalu dibantu tangan menopang tubuh untuk bangkit duduk. Nah dari posisi duduk ke berdiri gimana? ambil posisi bersimpuh dengan kedua lutut, lalu angkat badan bertumpu di kedua lutut, lalu ke posisi jongkok, baru berdiri barengan kedua kaki. Mau ambil barang jatuh juga sama harus bertumpu dikedua kaki. Sipkan.

        Lalu para bunda wannabe juga harus pandai2 membedakan teriakan yang baik dan benar dan membantu memperlancar persalinan. Jangan sekali2 teriak "keatas" (screaming) yang kalo kita lakukan rasanya kita bisa denger suara kita sendiri dikuping, mata sampai refleks menutup, dan kepala langsung tegang, dan g jarang rasanya kuping nguing2 dan kepala jadi TENG. Teriakan yang baik adalah teriak "kebawah" kayak teriakan lega tadi (heeeehh/ haaaaaah lega) bisa membantu merilekskan saraf.

        Dalam sesi prenatal yoga, selalu ada sugesti/ doa buat calon bayi di kandungan kita. Salah satu posisi yang g akan saya lupakan adalah duduk bersila, kedua tangan memegang perut sambil atur pernapasan, sambil melantunkan doa-doa terbaik untuk bayi kita. Agar bayi selalu sehat, turut merasakan kegembiraan ibundanya, lancar hingga persalinan. Kemudian salah satu tangan diletakkan didepan dada, tangan yang lain tetap memegang perut. Lalu rasakan dan alirkan cinta dan rasa sayang kita dari hati atas anugerah kehamilan ini, atas hadirnya si bayi yang menemani kita sepanjang hari didalam rahim, rasa bahagia, cinta, dan sayang dihati kita, kita biarkan mengalir bermuara kekandungan. And in this time, i was crying. Betapa indahnya kasih sayang dan cinta seorang ibu kepada anaknya. Dan saya tiba-tiba keingat ibu di rumah Surabaya. Kangen rasanya sama ibu. Sambil memejamkan mata, mengatur pernapasan, dengan tangan didada dan satunya di perut, saya berdoa dalam diam. Ya Allah izinkan saya merasakan indahnya menjadi seorang ibu, jika saat ini ada titik kecil calon benih di rahim saya, jadikanlah dia. Saya juga berdoa untuk ibu saya dirumah, lindungilah ibu selalu. Setelah itu kedua tangan diletakkan didada. Siapkanlah hati kita untuk selalu menerima, merasakan, dan memancarkan kebaikan, hal-hal positif. Lalu tangan keatas sambil ambil napas, inhale, kemudian tangan kesamping, bawah, hembuskan napas, exhale. Then when i open my eyes, i feel so light, calm, this is the most beautiful feeling i ever feel. And my tears falls. Aaah saya rasanya begitu terharu sekaligus bahagia.

        After yoga class, kita foto-foto bareng, lanjut lunch. Really Happy Saturday for me. Alhamdulillah, terima kasih Allah atas nikmat-Mu

6 comments:

  1. Ah jadi makin pingin yoga, belum jadi2 juga, huhuu
    Ternyata yoga bermanfaat banget bahkan sampai buat pre natal gitu ya Mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi nyari tempat yoga nih niaa. Kayaknya kita cucok ya nia, sama2 suka yg holistik :D worth to try nia yoganya

      Delete
  2. Amiin ya Tia, abis yoga ini trus cuss dikasi hamil sama ALLAH ^^

    ReplyDelete
  3. mba boleh tau info utk pre natal yoga lokasinya dmn aja di jkt. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku yg dideket rumah aja mb, prenatal yoga ada yg di RSIA Bunda Menteng sama Jakarta do Yoga jl Sunda no.7 Menteng. Smoga membantu :)

      Delete