Wednesday, December 17, 2014

STARTING HEALTHY HABIT

Memulai langkah awal untuk lebih care dengan diri sendiri, "mendengarkan" tubuh, dan memperhatikan apa saja hak-hal yang baik dan tidak baik untuk diri kita. Menurut saya, suatu tindakan, apapun itu, dimulai dengan pengetahuan. Pengetahuan/ilmu paling mudah diperoleh dari membaca, sharing dengan teman, pengalaman pribadi, dll. Buat saya, cara no.1 lah yang paling manjur, MEMBACA :) Salah satu buku kesehatan yang saya sukai adalah buku seri Erikar Lebang. Buku pertama yang saya lahap judulnya "MITOS DAN FAKTA KESEHATAN ERIKAR LEBANG". Ini merupakan jilid 1, yang jilid 2 lebih tebal lagi bukunya. Hitung-hitung pemanasan , dan tertarik dengan desain cover bukunya, berikut beberapa hal yang saya dapatkan dari buku ini:

"Konsisten menjaga apa yang masuk ke mulut dan perut, adalah penentu apakah hidup kita akan sehat berkualitas atau tidak"

1. Makanlah dengan perlahan, kunyah 30-an kali, kecap makanan dengan baik, nikmati cita rasanya, sambil bersyukur pada Allah SWT, beri kesempatan enzim Amilase memecah karbohidrat dengan baik di mulut, protein menjadi lembut dan mudah diproses enzim pepsin, dan lemak mudah dideteksi oleh enzim lipase. Makanan yang tidak tercerna dengan baik hanya akan menjadi beban bagi tubuh karena sulit dicerna.

2. Daya tampung lambung yang ideal adalah 250ml hingga maksimal 1,5L. Hindari lambung kepenuhan.Waktu normal lambung menahan makanan adala 4 jam. Karbo dicerna 3jam, Protein dicerna 4jam,  dan Lemak dicerna 5jam. Unsur makanan karbo+protein sulit dicerna lambung. Protein+Lemak (ingettt nasi padaangg huhuhu) meningkatkan asam lambung, ini sangat buruk, teman.

3. Saya baru tahu lho, kalo makan dicerna paling dominan di Usus 12 jari. Dimana zat makanan yang diserap dialirkan ke liver melalui darah dan limfatik. Serapan substansi makanan diubah menjadi lemak dan disimpan di jaringan liver. Dan otot sebagai cadangan. Sisa yang tidak terserap atau berlebihan harus dikeluarkan dari tubuh. Temannya si usus 12 jari adalah empedu dan pankreas. Makanan berkadar gula tinggi mengganggu kerja pankreas karena harus memproduksi hormon insulin, penetral gula. Gula yang lebay bikin insulin diproduksi secara brutal, pankreas lelah dan rusak :(

4. Didalam usus kita hidup mikroba (bakteri). 1/5 baik, 1/3 berbahaya, dan sisanya netral. Salah satu yang berguna adalah Lactobacillus. Kalo bakteri ini yang terdapat di minuman kemasan? belum ada bukti ilmiah yang mendukung keberhasilannya. 

5. Konsumsi buah dan sayuran segar. Bukan serat sintetik dalam kemasan. Kegagalan tubuh dalam membuang kotoran biasa disebut konstipasi/ sembelit. Beberapa terapi yang dapat dilakukan adalah Terapi Kolon dan "Enema Kopi". Silahkan googling untuk info lengkapnya.

6. Buah, sayuran, dan biji-bijian adalah substansi makanan terbaik, kemudian protein hewan, minum air putih minimal 2L sehari. Berikut urut-urutannya: Minum air putih dulu, beri jeda 20-30 menit untuk minum dalam jumlah banyak sebelum makan. Usahakan mencari sayur segar mentah. Konsumsi bersamaan dengan makanan utama. Untuk dessert hindari buah-buahan dalam bentuk apapun (saya baru tahu juga nih)


No comments:

Post a Comment